3 Idiots

TULISAN INI MUNGKIN MENGANDUNG SPOILER!
Oleh: Rio Johan (Rijon)Sutradara: Rajkumar Hirani
Pemain: Aamir Khan, R. Madhavan, Sharman Joshi, Kareena Kapoor, Boman Irani, Omi Vaidya, Parikshit Sahni, Javed Jaffrey

Tahun Rilis:
2009
Judul Hindi: थ्री इडीयट्स

Diadaptasi dari novel Five Point Someone karya Chetan Bhagat.

Ketika semua mahasiswa lainnya kuliah hanya untuk mencari ijazah (dan kerja), Rancho (Aamir Khan), malah kuliah demi ilmu. Rancho jenius dan datang dari keluarga kaya. Rancho menjalani kuliahnya dengan kesenangan. Rancho tidak terlalu peduli dengan ranking, nilai ujian, atau ijazah, tujuan utamanya adalah mencari ilmu. Rancho berteman dengan Farhan Qureshi (R. Madhavan) dan Raju Rastogi (Sharman Joshi), yang notabene datang dari keluarga tidak kaya (biasa-biasa saja). Farhan mahasiswa yang dipaksa ayahnya untuk menjadi insinyur padahal cita-cita sejatinya ingin menjadi fotografer. Sementara Raju mahasiswa yang dihantui ketakutan karena diharapkan menjadi penopang keluarga. Ketiganya kuliah di Imperial College of Engineering, salah satu universitas terbaik di India. Sayangnya filosofi yang diyakini Rancho ini malah menimbulkan kebencian di mata rektor universitas, Professor Viru Sahastrabudhhe (ViruS) (Boman Irani). Di sisi lain, Rancho malah menjalin asmara dengan putri ViruS, Pia (Kareena Kapoor).

Kisah tersebut diceritakan sebagai flashback bertahun-tahun yang lalu, diiringi dengan narasi dari Farhan di masa kini. Di masa kini, secara paralel diceritakan Farhan dan Raju, yang sudah sukses di bidang masing-masing, berusaha mencari keberadaan Rancho yang sudah hilang entah ke mana. Misteri demi misteri di balik latar belakang Rancho pun mulai terbuka satu per satu.

Berita buruknya, muatan pendidikan yang kental di film ini sebenarnya terbilang preachy, dan cukup terasa di beberapa bagian awal. Berita baiknya, nuansa komedi konyol yang tepat, disertai dengan style (terutama sinematografi dan pemotongan pace-nya) yang cukup memadai, setidaknya cukup berhasil mengkompresi tingkatan preachy-nya di beberapa bagian menjadi cukup enjoyable.

Tapi yang jadi permasalahan utama 3 Idiots sebenarnya adalah durasi dua-setengah jam lebih yang sebenarnya tidak perlu sepanjang itu. Hal ini tidak lain dikarenakan cukup banyaknya bagian-bagian mubazarisme bertebaran di sepanjang film. Berita buruknya lagi, plot musikal film ini, yang seharusnya bisa menjadi oase tersendiri malah turut menjadi mubazirisme karena bagian musikal tersebut sama sekali tidak membantu, malah tidak terlalu penting bagi kesinambungan cerita, plot, penokohan, atau tetek-bengek intrinsik lainnya—except for a taste of Bollywoodisme. Terlepas dari banyaknya kekurangan itu, 3 Idiots sebenarnya tidaklah terlalu buruk. Film ini masih memiliki bagian-bagian yang cukup fun sebagai hiburan.

http://4.bp.blogspot.com/-ol3Ag0qoak8/TWvKBW3RH8I/AAAAAAAACNE/W3FzLYGUHn0/s1600/C.bmp

Popular posts from this blog

Nine

A Nightmare on Elm Street

BUtterfield 8