The Joneses

TULISAN INI MUNGKIN MENGANDUNG SPOILER!
Oleh: Rio Johan (Rijon)Sutradara: Derrick Borte
Pemain:
Demi Moore, Amber Heard, David Duchovny, Ben Hollingsworth, Gary Cole, Chris Williams, Glenne Headly, Lauren Hutton

Tahun Rilis: 2009

Konsumerisme selalu punya dua sisi, bisa saja berdampak positif, tapi bisa juga berdampak negatif. Apa saja bisa terjadi di tengah-tengah masyarakat konsumerisme ini, termasuk juga hal yang terjadi di The Joneses. Sekalipun, apabila dipikir lebih mendalam, apa yang ditunjukkan dalam The Joneses ini agaknya sulit diterapkan di kehidupan nyata, tetap saja premis yang dijanjikan terbilang cukup menggoda.

Di sebuah daerah yang merupakan sampel lapisan sosial dengan tingkatan materialisme yang tinggi, keluarga Jones baru saja pindah. Keluarga Jones, yang dikepalai oleh Kate (Demi Moore), ibu yang glamor, dan beranggotakan, Steve (David Duchovny), ayah yang kharismatik, dan dua anak, Jennifer (Amber Heard) dan Mick (Ben Hollingsworth), yang selalu tampil keren setiap saat. Keluarga Jones ini merupakan potret keluarga sempurna, terutama dari segi gaya hidup dan materialistik.

Dan ya, para penghuni kelompok paling atas dari strata sosial ini langsung saja mengaggumi keluarga Jones. Bukan hanya gaya hidup mereka, tapi juga perabotan yang mereka gunakan, gadget yang mereka pegang, hingga apa saja barang yang menempel di badan keluarga Jones. Mereka beli apa saja yang keluarga Jones beli. Salah satu dari mereka adalah keluarga pasangan Larry dan Summer (Gary Cole dan Glenne Headly), tetangga yang tidak pernah mau kalah kinclong dari keluarga Jones. Segigih apapun Larry mengejar keluarga Jones, dia tidak akan pernah bisa menyusul. Alasannya?

http://1.bp.blogspot.com/_FWlFbU673eI/TNXKeUeoXoI/AAAAAAAABeI/lB8Z3yh7yS8/s1600/Kinema.jpg

Haruskah saya memberi spoiler di sini? Saya peringatkan selanjutnya tulisan ini mengandung spoiler, tapi tidak banjir spoiler. Jelas dari awal film ini sudah diberi pertanda bahwa ada sesuatu yang ganjil dibalik kesempurnaan keluarga Jones ini. Pada kenyataannya keluarga Jones ini bukan keluarga normal pada umumnya. Mereka bahkan sama sekali bukan keluarga pada umumnya. Mereka adalah sales dari sebuah perusahaan yang mempromosikan produk mewahnya dengan cara menyamar sebagai sebuah keluarga (cara seperti ini dikenal dengan istilah buzz marketing atau undercover marketing). Curang? Kejam? Tidak adil? Tidak manusiawi? Itulah salah satu sisi dari masyarakat konsumerisme. Demi Moore dan David Duchovny dengan cukup piawai mampu memainkan peran mereka di sini. Amber Heard (Never Back Down, All the Boys Love Mandy Lane) dan Ben Hollingsworth juga tidak kalah menawan sebagai remaja yang punya persoalan seksual sendiri-sendiri.

Kalau banyak yang mengira The Joneses membahasa secara mendalam soal masyarakat konsumerisme, sayangnya tidak. Sutradara film ini terlihat sekali punya dua tujuan dalam The Joneses: [1] Memberikan semacam potret satir tentang masyarakat konsumerisme, dan [2] membuat sebuah tontonan yang menghibur. Untuk tujuan tersebut, film ini diarahkan ke drama “keluarga,” kisah romansa, dan tentang mana kehidupan yang “asli” dan mana kehidupan yang “palsu.” Tentu persoalan kehidupan asli-palsu ini tepat ditempatkan pada situasi keluarga Jones, tapi akan jadi hal yang bias bila ditempatkan pada keluarga lain yang membuntuti keluarga Jones (yang untungnya tidak dilakukan). Pantaskah kehidupan konsumerisme mereka disebut palsu?

Dan ya, ending film ini sayangnya tidak sepadan dengan premisnya. Sebenarnya, kesenangan menonton malah The Joneses sudah menurun di sekitar sepertiga akhir film, tepatnya ketika humor-humor tajam yang dari awal film mendadak berubah menjadi dangkal, dan pada saat ini lah film naunsa satirnya mendadak menurun dan The Joneses berubah menjadi opera sabun. Walaupun begitu, secara keseluruhan The Joneses merupakan hiburan yang menyenangkan.

http://3.bp.blogspot.com/-R75uikEntM4/TWvFTSwAYZI/AAAAAAAACMc/8ZMgPBzkWLg/s1600/C%252B.bmp

Popular posts from this blog

Nine

A Nightmare on Elm Street

BUtterfield 8