Risky Business

TULISAN INI MUNGKIN MENGANDUNG SPOILER!
Oleh: Rio Johan (Rijon)
Sutradara: Paul Brickman
Pemain:
Tom Cruise, Rebecca De Mornay, Joe Pantoliano, Richard Masur, Bronson Pinchot, Curtis Armstrong, Nicholas Pryor, Janet Carroll, Shera Danese, Raphael Sbarge, Bruce A. Young

Tahun Rilis:
1983

Ini lah film yang melejitkan karir Tom Cruise. Mungkin, di era 2000-an ini, tidak banyak yang benar-benar suka dengan Tom Cruise. Tapi di awal-awal karirnya, tidak jarang Tom Cruise menunjukkan penampilan-penampilan cemerlang (saya paling suka penampilannya di Magnolia). Risky Business bisa dibilang salah satu penampilan terbaik Tom Cruise di awal-awal karirnya. Dan termasuk salah satu film sukses dari Tom Cruise, terlebih dengan gaya ikoniknya di film ini (Tom Cruise berpura-pura bermain gitar hanya dengan kemeja putih dan celana dalam).

Risky Business adalah sebuah komedi tentang sikap dan perasaan bersalah seorang remaja. Kesuksesan film ini terletak pada keberhasilannya menyentuh subyek sensitif dengan cara yang emosional, tepat, dan menyentuh – terlebih bila penontonnya adalah remaja. Sekalipun hadir dengan nada yang cukup gelap dan satir, Risky Business termasuk menghibur.

Tom Cruise berperan sebagai Joel Goodson, seorang remaja yang sama saja dengan remaja SMA umumnya, naif dan polos. Joel tinggal bersama orang tua kaya di sebuah kompleks real estate. Ayahnya berharap Joel mampu menembus Universits Princeton – bisnis, tentunya. Dan Joel sendiri adalah anggota Future Enterprisers, semacam ekstrakulikuler yang – lagi-lagi – mendidik siswa tentang bisnis.

http://4.bp.blogspot.com/_FWlFbU673eI/TPmDBQzzLCI/AAAAAAAABrw/NGFooonQ7PY/s1600/Kinema.jpg

Ketika kedua orang tuanya pergi melakukan perjalanan panjang, Miles (Curtis Armstrong), teman Joel, meyakinkan dia untuk memanfaatkan kebebasan barunya tersebut untuk bersenang-senang. Mabuk. Rock and Roll. Dan diakhir dengan panggilan seorang gadis malam. Tapi kebebasan keadaan berubah drastis ketika Lana (Rebecca De Mornay), si gadis panggilan, mendatangi Joel. Situasi yang dirasa Joel pun jungkir-balik, telur mahal ibunya dicuri, mobil mewah ayahnya masuk bengkel, dan rumah orang tuanya berubah menjadi rumah bordil. Joel merasakan apa yang disebut tanggung jawab dan rasa bersalahnya.

Hal yang menarik dari Risky Business adalah dialog dan dua penampilan utamanya. Sekalipun film ini terbilang kelam dan terasa satir, dialog yang disuguhkan tetap mampu memberi kesan komik. Dan dari segi penampilan, Rebecca De Mornay memberikan penampilan yang tepat sebagai pelacur muda yang labil, misterius, seduktif, dan tetap menyenangkan di saat yang bersamaan. Film ini sendiri agak mengingatkan, dari suasana, komik, dan unsur satirnya, dengan The Graduate, di mana Tom Cruise memerankan posisi Dustin Hoffman. Sekalipun Risky Business membawa pesan moral yang cukup kuat, eksekusinya justru jauh dari kata preachy.


http://4.bp.blogspot.com/-ol3Ag0qoak8/TWvKBW3RH8I/AAAAAAAACNE/W3FzLYGUHn0/s1600/C.bmp

Popular posts from this blog

Nine

A Nightmare on Elm Street

BUtterfield 8