Les Roseaux sauvages

TULISAN INI MUNGKIN MENGANDUNG SPOILER!
Oleh: Rio Johan (Rijon)Sutradara: André Téchiné
Pemain: Élodie Bouchez, Gaël Morel, Stéphane Rideau, Frédéric Gorny, Michèle Moretti, Jacques Nolot, Eric Kreikenmayer, Nathalie Vignes, Michel Ruhl, Fatia Maite

Tahun Rilis: 1994
Judul Internasional: Wild Reeds

Perancis di ujung gejolak revolusi Aljazair. Di tengah-tengah memanasnya Perang Aljazair. Mungkin keadaan pokoknya sedang mendidih tak terkira. Tengah bergejolak begitu rupa. Antara yang komunis dan yang anti-komunis. Antara kaum Perancis dan kaula Perancis-Aljazair. Antara tentara yang sedang bertumpahdarah dengan orang-orang yang menanti nun jauh di Perancis sana. Di saat yang bersamaan, bagi empat orang muda-mudi di sebuah pelosok Perancis, alam seksualitas mereka turut menyala-nyala pula.

François (Gaël Morel) dan Maïté (Élodie Bouchez) adalah muda-mudi yang sudah bersahabat erat. (Mungkin idiom mudanya: teman tapi mesra.) François pemalu. Ia tak pernah menunjukkan gairah pejantan pada Maïté. Sekalipun Maïté jelas sekali terang-terangan terlihat menaruh hati, François cuma menghabiskan waktu membicarakan film atau sastra bersamanya. Maïté adalah seorang komunis, sebab ibunya penganut komunis. Dan ibunya Maïté tiada lain adalah guru di sekolah asrama tempat François belajar.

http://2.bp.blogspot.com/-Azu8VhxOos0/TicfNGKY9mI/AAAAAAAACfk/pYFYmssKFa4/s1600/Kinema.jpg

Di sekolah itu François dirayu oleh seorang pemuda yang lebih liar dan lebih agresif, Serge (Stephane Rideau). Termakan rayuan, Serge dan François membuncahkan renjana pada satu malam binal yang kelak tak akan terlupakan di pucuk tilam asrama. Serupa dengan Maïté, Serge juga tak lepas dari latar politik. Serge berkakak seorang serdadu Perancis yang kelak tewas demi negara nun jauh di Aljazair sana.

Sialnya Serge malah satu kamar dengan Henri (Frédéric Gorny), pemuda Perancis-Aljazair (berdarah Perancis yang lahir di Aljazair) yang menentang habis-habisan segala kebijakan Perancis atas Aljazair. Kacamata politiknya yang lebih radikal mengombang-ambing isi sekolahan, terutama ibu Maïté yang notabene komunis, juga Serge yang jelas-jelas kakaknya tewas nun jauh di sana. Sebuah percekcokan sengit antara Serge dan Henri di kamar mandi membuat François memutuskan untuk bertukar kamar dengan Serge. Di kamar itu juga François merasakan berahi atas Henri.

André Téchiné memang cukup tersohor tersebab kemampuannya membawakan pokok-pokok seputar pertalian antar manusia yang sensitif-emosional dengan cara yang tak melankoli atau sentimental. Dalam Les Roseaux sauvages, Téchiné menampilkan ketajaman, baik urusan entitas maupun persoalan kontestasi. Dari sekian banyak film bertajuk homoseksualitas, mungkin Les Roseaux sauvages adalah salah satu dari segelintir yang berhasil menyajikan karakter rancap, interesan, dan sejati; tak hanya sekedar dari sisi syahwat belaka. Para pemain, terutama keempat pemain utama, sungguh berhasil menyajikan penampilan yang sebegitu melulum dan menjerap.

http://3.bp.blogspot.com/-E6BvNtdYHqU/TicgoSs0koI/AAAAAAAACfs/646xbRUMvhk/s1600/Kinema.png

Persoalan karakter hanya satu dari sekian yang membuat film ini jauh dari ranah film-film mainstream Amerika. Antap tapi mujarab, Téchiné menyajikan serentetan kontestasi renjana dan pusa dengan bahasa visual yang kuat. Adegan ketika François bersitatap dengan cerminannya sambil meneriakkan kata “Saya Homo!” adalah salah satu yang paling memorabel. Sensibilitas lainnya bisa dilihat pada banjaran adegan tepi sungai di penghujung film, sebagai penutup yang luar biasa. Segala renjana ditampilkan secara patut pada tempatnya, tanpa perlu bermelankoli atau bersentimentil secara kesangatan.

Penghujung film itu pun menegaskan bahwa Téchiné tak sedang berusaha menyimpulkan, melainkan memberikan gambaran bahwasannya peta pendewasaan, sama halnya dengan seksualitas, adalah sebuah ketakpastian dan ketaktentuan. Sejalur dengan akhir yang ditampilkan, penonton tak diberikan kesimpulan pasti tentang nasib keempatnya, melainkan sebuah ketakpastian dan ketaktentuan yang membuat saya bertanya-tanya apa sebetulnya yang ada di lubuk empat sosok tersebut. Tak banyak film bertajuk homoseksual yang mampu menyeret pikiran saya seputar tokohnya ketika kredit sudah berjalur (secara mendalam tentunya, tak hanya sebatas perihal seronoknya). Sebagian justru terjebak pada perihal kismat seorang homoseksual. Les Roseaux sauvages salah satu yang berhasil melakukan.

http://3.bp.blogspot.com/-QGA-QkdIoTs/TWvGq9uGtoI/AAAAAAAACM0/TsDlRMUCbMg/s1600/A%252B.bmp

Popular posts from this blog

Nine

A Nightmare on Elm Street

BUtterfield 8